Keajaiban Pijat Bayi

DoodlePijat bayi adalah teknik pemijatan yang mendekati usapan halus atau rangsangan raba. Usapan atau rangsangan tersebut dilakukan pada permukaan kulit bayi yang bertujuan untuk menghasilkan efek seperti memperlancar aliran darah, dan lainnya.

 

Pijat bayi juga kerap disebut sebagai stimulus sentuhan. Dengan kata lain, pijat bayi adalah sentuhan komunikasi antara orangtua dan bayinya. Pijat bayi tak hanya menjadi salah satu stimulasi bagi Si Kecil, lebih dari itu, pijat pada bayi adalah sebuah keajaiban. Dengan kata lain, stimulasi berupa usapan pada permukaan ulit bayi ini memiliki banyak manfaat yang tak terduga.

Mums dan Paps mungkin tak menyangka bahwa usapan lembut pada kulit Si Kecil dapat menghasilkan manfaat yang luar biasa. Berikut penjelasanannya:

 

Keajaiban Pijat Bayi dari Masa ke Masa

Bayi yang lahir ratusan tahun lalu mendapatkan keuntungan dari kondisi yang lebih baik, seperti kondisi keluarga, lingkungan, alam, dan perubahan yang relatif tidak cepat. Sedangkan bayi-bayi yang dilahirkan pada masa ini, menghadapi tantangan yang lebih kompleks.

Mereka dihadapkan pada masa di mana teknologi berkembang sangat cepat. Bayi-bayi tersebut pun sudah terpapar teknologi sejak dini. Tak hanya bayi, orangtua juga menghadapi tantangan yang sama. Hal inilah yang menjadi tantangan bagi orangtua pada zaman ini dalam mengasuh dan memelihara bayinya.

Oleh karenanya, salah satu jawaban dalam pengasuhan anak adalah dengan memijatnya. Keajaiban pijat bayi telah ada dari masa ke masa. Pijat telah digunakan sebagai salah satu bentuk pengobatan dan bagian rutin dari perawatan bayi. Bahkan, bentuk terapi ini telah dipraktikkan di berbagai kebudayaan dunia sejak ratusan tahun silam.

Mulai dari suku Eskimo di lingkaran Arktik dan Kanada hingga suku Ganda di Afrika Timur. Dari India Selatan, Irlandia Utara, Rusia, Cina, Swedia, dan Amerika Selatan; pijat telah menjadi bagian dari warisan dan tradisi pengasuhan bayi.

Laporan tertua mengenai pijat bayi sebagai pengobatan tercatat pada Papyrus Ebers yang merupakan catatan kedokteran pada zaman Mesir Kuno.

Sementara di India, catatan mengenai terapi pijat ditemukan pada Ayur-Veda yang merupakan buku kedokteran tertua dan telah ada sejak tahun 1800 sebelum Masehi. Dalam Ayur-Veda, terdapat tulisan tentang pijat, diet, dan olah raga sebagai cara penyembuhan pada waktu itu.

Laporan lainnya juga diperoleh dari para dokter dari zaman Dinasti Tang di Cina. Pada waktu itu, para dokter tersebut meyakini bahwa pijat adalah salah satu dari empat teknik pengobatan yang penting.

Di Indonesia, hampir seluruh daerah memiliki kebiasaan memijatkan bayinya sejak lahir hingga masa kanak-kanak. Biasanya, pijat bayi dilakukan oleh dukun bayi atau tukang pijat yang telah memiliki keterampilan secara turun-temurun.

Seiring berkembangnya zaman, pijat bayi kini makin populer sebagai bentuk terapi yang ekonomis dengan risiko relatif rendah. Pijat juga semakin populer karena keefektifan, kesederhanaan, serta teknik yang mudah dipelajari dan dapat dilakukan di rumah oleh orangtua.

Lantas, apa kaitan kondisi masa kini dengan pijat bayi? 

Pijat adalah cara aman orangtua dapat memberikan rasa aman, nyaman, rileks, dan menyenangkan untuk bayinya. Tak hanya bayi, orangtua pun mendapatkan manfaat yang serupa saat memijat bayinya.

Rutnitas pijat mampu membawa ikatan kepercayaan, cinta, kasih sayang, kehangatan, keterbukaan, dan rasa hormat. Bahkan, pemijatan yang dilakukan kepada Si kecil mampu mengomunikasikan cinta orangtua ke bayinya, melepaskan ketegangan, dan membawa orangtua untuk lebih memahami kebutuhan bayinya. Ikatan ini akan terbawa hingga bayi beranjak dewasa, terutama, jika pengasuhan di rumah menerapkan nilai-nilai pijat bati.

Dengan pijat bayi dan pengasuhan yang tepat, anak akan cenderung lebih mudah berempati dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat Luar Biasa dari Pijat Bayi

Mums dan Paps mungkin sudah mengetahuui bahwa pijat memberikan beberapa keuntungan bagi Si Kecil. Dalam tumbuh kembang bayi, pijat diketahui memiliki segudang manfaat, antara lain: menurunkan kebutuhan oksigen, memberikan perasaan aman dan dicintai, meningkatkan interaksi dan pertalian bayi dengan ibu, mengurangi tangisan bayi, memperbaiki kualitas tidur. Berikut manfaat lain dari pijat bayi. Selain itu, pijat bayi juga memiliki manfaat lain, yakni:

  • Meningkatkan bonding dengan orangtua

Pijat adalah cara ideal membangun ikatan kuat antara orangtua dan bayi. Melalui sentuhan dan kontak mata dengan bayinya, maka ikatan tersebut akan terbentuk. Bayi akan tertarik ke wajah Mums dan Paps dan mencari mata orangtuanya.

Pijat yang dilakukan setiap hari dapat membantu meningkatkan dan memperkuat ikatan atau bonding antara orangtua dan anaknya. Misalnya saja, pijat yang dilakukan selama setengah jam setiap hari juga mampu mengembalikan fokus Mums ke Si Kecil setelah seharian bekerja di luar. Selengkapnya bisa baca artikel pijat bayi bonding

  •  Membuat bayi dan ibu semakin tenang

Pijat yang dilakukan secara teratur mampu membuat bayi sekaligus ibu merasa lebih tenang dan nyaman. Ini karena, sirkulasi darah dan oksigen berjalan dengan lancar. Kondisi ini otomatis memengaruhi emosional bayi dan akan membentuk ikatan dengan orangtua. Selengkapnya bisa baca artikel di pijat bayi ibu lebih tenang

  • Meningkatkan kualitas tidur bayi

Bayi baru lahir menghabiskan waktunya untuk tidur. Sebanyak 70 persen dari waktu hariannya selama 24 jam digunakan untuk tidur. Sedangkan untuk bayi prematur, 90 persen waktunya digunakan untuk tidur.

Pijat yang dilakukan secara rutin, dapat memengaruhi perkembangan siklus tidur bayi, sehingga kebutuhan tidurnya terjaga. Selain itu, bayi akan menjadi lebih segar dan bugar ketika bangun. Kebugaran ini juga menjadi faktor yang mendukung kinerja otak bayi. Selengkapnya Mums bisa baca artikel pijat kualitas tidur bayi

  • Meningkatkan daya tahan atau sistem imun tubuh

Mums mungkin ada yang tak menyangka, bahwa pijat pun mampu meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Ini karena pemijatan yang dilaukan pada tubuh Si Kecil mampu meningkatkan sel pembunuh alami (natural killer cells).

Nah, hal ini dibuktikan dengan para penderita HIV yang dipijat sebanyak lima kali dalam seminggu selama satu bulan. Dari hasil pemijatan tersebut, pijat mampu meningkatkan jumlah dan toksisitas sel pembunuh alami, sehingga mampu mengurangi infeksi sekunder.

Pijat pun mampu meningkatkan pembentukan limfosit. Jumlah limfosit yang meningkat juga meningkatkan sistem kekebalan yang juga membantu mencegah infeksi dan penyakit.

  • Membuat bayi lebih rileks

Bayi yang dipijat dengan teratur, tampak lebih rileks dan lebih mudah ditenangkan. Bayi juga dapat merespons sentuhan dengan baik, terutama saat mereka sedang stres.

Selain menenangkan bayi, pijat juga dapat membuat Mums dan Paps lebih rileks. Pijatan yang dilakukan sebelum tidur akan membuat bayi merasa dicintai dan mendorong mereka untuk lebih cepat tertidur. Tak hanya itu, pijat bayi yang dilakukan secara teratur mampu meningkatkan hormon melatonin yang berfungsi membantu mengatur dan memberi sinyal untuk tidur.

  • Mengatasi sembelit

Sembelit atau konstipasi merupakan keadaan yang sering ditemui pada anak. Kondisi ini kerap menimbulkan masalah baik sosial maupun psikologi. Sembelit sering ditemukan pada 3 persen anak prasekolah dan 1-2 persen anak usia sekolah.

Dengan terapi pijat yang dilakukan pada bagian perut, frekuensi buang air besar mengalami peningkatan, sehingga membantu mengatasi sembelit pada anak serta mengurangi gejala kolik.

  • Memacu perkembangan otak dan sistem saraf

Rangsangan yang diberikan ke kulit bayi dapat memacu proses penyempurnaan otak dan sistem saraf (myelinisasi), yang pada akhirnya meningkatkan komunikasi ke tubuh bayi dan mengaktifkan sel neuron.

Ketika proses myelinisasi terjadi dengan cepat, maka memungkinkan otak bayi semakin terpacu untuk berfungsi sempurna. Si Kecil pun lebih sigap dalam mengoordinasikan gerak tubuh dan menanggapi rangsangan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh American Institute of Touch Research kepada 20 anak yang dipijat secara teratur selama lima minggu menyebutkan adanya perubahan pada gelombang otak dibandingkan dengan sebelum anak-anak tersebut dipijat.

Riset lain juga dilakukan oleh Warwick Medical School dan Institute of Education dari University of Warwick yang menganalisis sembilan jenis gerakan pijat kepada 598 bayi kurang dari enam bulan. Hasilnya, pijat dapat memengaruhi pelepasan hormon melatonin, sehingga bayi dapat tidur dengan teratur. Selengkapnya pijat menstimulasi perkembangan otak

  • Membuang racun

Pijat bayi mamu membuang racun yang terdapat pada tubuh bayi. Ini karena, pijat berperan penting untuk aliran limfatik. Racun dan samph pada tbuh dialirkan ke pembuluh darah untuk dinetralisasi. Dengan demikian, bengkak yang terdapat pada tubuh bayi akan berkurang.

  • Membantu orangtua lebih percaya diri

Pijat bayi membantu Mums dan Paps lebih percaya diri dan yakin dengan kemampuan dalam menangani bayi, terutama jika pijat dilakukan secara teratur. Pada kasus orangtua yang belum dewasa atau masih remaja, pijat bayi membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka serta meningkatkan rasa penerimaan atas kondisi mereka yang telah menjadi orangtua.

Keajaiban lain pijat bayi

Pijat bayi mampu meningkatkan kembali rasa ketertarikan orangtua pada bayinya. Keterikatan bayi yang berkurang biasanya terjadi pada beberapa kasus, antara lain kehamilan atau kelahiran yang tidak dikehendaki atau direncanakan, komplikasi kehamilan, pemisahan ibu dan bayi dalam waktu tertentu karena kesehatan fisik atau mental si ibu.

Tak hanya itu, keajaiban pijat bayi dapat ditemukan pada orangtua angkat dengan bayinya. Orangtua angkat yang tidak pernah mengandung bayinya sendiri cenderung tidak merasakan kedekatan atau kelekatan dengan anaknya.

Oleh sebab itu, pijat menjadi salah satut sarana untuk membantu menciptakan ikatan yang lebih kuat antara orangtua dengan bayinya. Dengan pijat bayi, orangtua angkat akan lebih cepat mengenal dan merasakan bahwa mereka saling terikat satu sama lain. Selengkapnya untuk orangtua asuh silakan cek artikel di Pijat Bayi Adopsi 

Memijat Bayi, Mulai dari Mana?

Banyak orangtua yang khawatir memijat bayinya untuk pertama kali. Perasaan ini wajar dirasakan oleh orangtua, karena bayi masih rapuh. Tak hanya orangtua yang khawatir memijat bayinya sendiri, ada pula orangtua yang takut memijatkan bayinya ke baby spa atau ke bidan karena beberapa hal.

Dengan berbagai manfaat dan keajaiban pijat bayi yang akan dirasakan Si Kecil, apakah Mums dan Paps masih khawatir untuk memijat Si Kecil? Untuk memulainya, Mums dan Paps dapat memberinya sentuhan terlebih dahulu.

Sentuhan, Unsur Utama Pijat Bayi

Manusia adalah makhluk yang peka dan memiliki kebutuhan akan sentuhan. Bahkan, kita perlu menyentuh satu sama lain agar bisa terhubung dan berkembang. Unsur sentuhan ini ditemukan di dalam pijat yang diberikan kepada buah hati.

Namun, tanpa disadari, koneksi melalui sentuhan sudah dirasakan sejak manusia masih berbentuk janin. Banyak orang yang tidak mengira bahwa bayi sudah merasakan sentuhan sejak ia masih berada di dalam kandungan.

Bahkan menurut penelitian, indra peraba sudah terdeteksi sejak embrio berusia kurang dari delapan minggu. Di dalam rahim ibu inilah, janin mungil yang sedang berkembang itu merasakan sentuhan untuk pertama kalinya.

Sentuhan tidak hanya dirasakan oleh bayi ketika sudah dilahirkan. Jauh sebelum ia melihat dunia, bayi sudah merasakan sentuhan di dalam perut ibunya. Menurut penelitian, indra peraba manusia sudah terdeteksi sejak embrio berusia kurang dari delapan minggu. Sensitivitas bayi mulai berkembang. Perlahan, ia sudah bisa merasakan kontak fisik untuk pertama kalinya.

Sentuhan, khususnya yang disertai dengan unsur tekanan diketahui memiliki berbagai efek positif.

Terapi ini lebih dikenal dengan nama pijat yang telah digunakan sebagai pengobatan dan menjadi bagian rutin dari perawatan bayi di beberapa kebudayaan dunia. Bahkan, pijat merupakan salah satu teknik terapi tertua di dunia yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Para ibu di seluruh dunia tahu, setiap bayi perlu digendong, diayun, atau disentuh. Sentuhan yang diberikan oleh ibu secara langsung ke bayinya.

Persiapan Pijat Bayi

Ada beberapa hal yang perlu Mums dan Paps siapkan sebelum memijat bayi. Apa saja?

pijat bayi dari mana

  • Minyak pijat

Selama memijat, tangan Mums dan Paps harus bersentuhan di atas kulit bayi. Untuk melenturkan kulit agar tidak ada luka yang terjadi selama pemijatan Mums dan Paps perlu minyak pijat. selain melembabkan kulit, minyak pijat juga menghangatkan kulit bayi. Dengan demikian, bayi merasa nyaman dan aman saat dipijat.

Mums dan Paps bisa menggunakan Doodle Exclusive Telon Oil. Minyak telon ekslusif ini terbuat dari formulasi terbaru dan berbeda dari lainnya. Kandungan bahan alami pada minyel telon Doodle tidak pedih di mata, sehingga cocok digunakan selama pemijatan.

Hangatnya pun pas dan sesuai untuk kulit bayi yang masih sensitif. Selain itu, minyak telon Doodle juga dilengkapi dengana aroma sweet green tea yang merupakan essential oil alami yang bisa juga dipakai sebagai pengganti cologne.

Untuk menggunakannya, tuangkan minyak ke tangan Mums dan Paps terlebih dahulu, kemudian oleskan secara perlahan ke tubuh bayi. Tambahkan minyak jika diperlukan.

  • Matras, handuk, dan tisu

Matras dapat digunakan sebagai alas untuk memijat bayi. Pilih matras yang lembut dan tidak akan melukai kulit bayi. Kemudian, siapkan handuk untuk membersihkan tubuh bayi setelah dipijat. Sediakan pula handuk cadangan yang diletakkan di atas tubuh bayi untuk menjaganya tetap hangat. Jangan lupa untuk menyiapkan tisu untuk membersihkan sisa-sisa minyak yang terciprat di sekeliling tempat pemijatan.

  • Mainan

Mums dan Paps bisa memberikan mainan untuk mendistraksi bayi selama pijatan untuk membuatnya lebih nyaman.

  • Musik

Mums dapat menyiapkan musik yang pas untuk memijat Si Kecil, karena ia dapat merespons musik dengan baik. Bahkan, dalam pijat bayi, orangtua direkomendasikan untuk memutarkan musik atau bernyanyi selama proses pemijatan, sebab musik berperan penting dalam perkembangan bayi. Selengkapnya baca artikel Musik pijat bayi

Gerakan Dasar Memijat Bayi

Usapan: Gerakan ini bermanfaat untuk  menenangkan bayi. Usapan dianjurkan agar dilakukan sedikit bertenaga dengan gerakan yangmengarah ke jantung, terutama pada bagian lengan bahu, tangan, kaki, betis, dan paha.

Gerakan usapan mampu merangsang kelancaran aliran ddarah getah bening yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh bayi, dan pada akhirnya membuatnya tenang dan nyaman.

Remasan: Gerakan remasan membuat otot bayi menjadi lebih kuat sekaligus melancarkan peredaran darah. Dengan gerakan remasan, peredaran darah dan kelenjar semakin lancar, otot bayi juga terlatih untuk berkontraksi. Bahkan, gerakan ini mampu membuat otot bayi mengalami relaksasi apabila disertai dengan latihan peregangan.

Kocokan: Gerakan kocokan bermanfaat untuk mengendurkan jaringan otot. Ini karena, bayi masih jarang bergerak seperti orang dewasa. Ketika bergerak, otot bayi akan cepat tegang, sehingga perlu dikendurkan kembali dengan gerakan kocokan.

Urut lingkar: Gerakan urut lingkar mampu memberikan stimulus pada permukaan jaringan otot dan jaringan otot yang lebih dalam. Dengan gerakan ini, aliran darah akan meningkat dan pembuluh darah menjadi lebih lebar. Selain itu, gerakan ini juga mampu membuat otot dan saraf untuk lebih aktif.

Teknik Pijat yang Bisa Dilakukan di Rumah

Sebelum  memulai pijatan, Mums disarankan untuk memerhatikan usia bayi. Jika Si Kecil masih berusia 0-1 bulan, Mums disarankan untuk lebih memberikan usapan-usapan halus. Selain itu, sebelum tali pusat lepas, Mums sebaiknya tidak melakukan pemijatan pada daerah perut.

Kemudian, saat bayi berusia 1-3 bulan, Mums disarankan melakukan gerakan halus disertai dengan tekanan ringan dalam waktu singkat.

Nah, ketika bayi sudah berusia 3 bulan atau lebih, Mums baru bisa melakukan seluruh gerakan pijat yang dilakukan dengan tekanan dan frekuensi yang meningkat.

  • Pijatan pada kaki

 Pijatan pada kaki bisa diawali dengan cara perahan ala India. Kemudian dilanjutkan dengan gerakan perasan dan putaran. Selanjutnya, Mums dan Paps dapat melanjutkannya dengan beberapa gerakan pada telapak kaki bayi hingga ke peregangan.

Selain itu, Mums dan Paps pun dapat menggunakan cara perahan ala Swedia pada pergelangan kaki bayi. Setelah itu, gerakan ini dilanjutkan dengan gerakan menggulung dan pada akhirnya merapatkan kedua kaki bayi secara bersamaan pada pantat dan pangkal paha.

  • Pijatan pada perut

Pijatan pada perut dimulai dengan gerakan mengayuh sepeda dengan kaki diangkat, kemudian dilanjutkan dengan gerakan bulan matahari. Setelah itu, pemijatan bisa dilanjutkan dengan gerakan I Love U dan diakhiri dengan gerakan walking fingers.

  • Pijatan pada dada

Pijatan selanjutnya adalah pada dada. Pemijatan pada area ini dimulai dengan gerakan menggambar jantung dan dilanjutkan dengan gerakan kupu-kupu.

  • Pijatan pada tangan

Mums dan Paps perlu memulai pijatan pada tangan dari ketiak bayi dari atas ke bawah lalu lanjutkan dengan perahan cara India. Pijatan ini dilanjutkan dengan gerakan peras dan putar, kemudian membuka tangan dengan ibu hjari, dan putar jari-jemari bayi.

Selanjutnya, pijatan dilakukan pada punggung tangan, peras dan putar lalu lakukan perahan ala Swedia.

  • Pijatan pada wajah

Pijaan pada wajah dimulai dari dahi kemudian menuju ke alis, hidung, mulut bagian atas, mulut bagian bawah, dan lingkaran kecil pada rahang. Pemijatan pada wajah diakhiri dengan usapan pada bagian belakang telinga.

  • Pijatan pada punggung

Sebelum memulai memijat bagian punggungm, tengkurapkan bayi terlebih dahulu dan pastikan Si Kecil merasa nyaman saat ditengkurapkan. Pemijatan pada bagian ini dimulai dengan berakan maju-mundur atau gerakan kursi goyang dilanjutkan dengan gerakan menyetrika dan menyetrika dengan mengangkat kaki.

Selanjutnya, pemijatan dilanjutkan dengan gerakan melingkar lalu diakhiri dengan gerakan menggaruk.

Gerakan Pijat Khusus

  • Pijat I Love U

Teknik pijat ini cukup populer dilakukan oleh banyak orangtua. Bahkan, pijat I Love U dapat menjadi teknik pijat yang dipraktikkan sehari-hari di rumah. Teknik ini cocok diaplikasikan pada orangtua yang masih ragu untuk memijat bayinya. Sama seperti namanya, gerakan pada pijat ini mebentuk huruf I, L, dan U yang dilakukan pada perut bayi.

  •  Pijat untuk mengatasi sembelit

Sembelit atau konstipasi sering ditemukan pada anak. Dengan pijat, Mums dapat mengurangi sembelit dengan aman dan nyaman. Namun ingat ya, Mums, jika Si Kecil sedang diare, sebaiknya tidak melakukan gerakan ini.

  • Pijat bayi VitaFlex

Pijat Vitaflex (vitality through the reflexes) merupakan pemijatan pada area atau titik tertentu. Pijat vita flex dilakukan untuk menstimulasi titik tertentu sehingga tubuh bayi dapat berfungsi normal.

Salah satu area vitaflex yang ada ada di area perut. Pijat pada area ini bertujuan agar melancarkan buang air besar (BAB) pada bayi. Ada pula pijat pada titik atau area kaki yang bertujuan agar bayi cepat berjalan, kecerdasan, pernapasan lancar, dan sebagainya.

Titik lainnya ada pada tulang belakang. Ketika titik-titik vita flex pada tulang belakang ditekan, maka dapat menguatkan orga-organ yang ada di depan tubuh bayi seperti paru-paru dan jantung. Titik lain ada di beagian belakang telinga dan pada bagian mata.

  • Pijat agar bayi tidak belekan

Bayi baru lahir sering kali masih memiliki belek atau kotoran. Dengan pijat, belekan atau iritasi pada bayi dapat dihindari. Caranya pun mudah, Mums dan Paps dapat membersihkan belek pada mata bayi dari pangkal alis keluar sebanyak beberapa kali. Artikel selengkapnya disini Cara Memijat Mata Bayi Berair dan Belekan dengan Aman

  • Pijat untuk mengurangi suara “grok-grok” pada bayi

Bunyi grok-grok sering terdengar pada bayi. Ada dua jenis bunyi grok-grok yang bisa dibedakan. Pertama adalah dari segi fisiologis atau bunyi yang tidak berbahaya. Kedua adalah bunyi patologis atau yang berbahaya.

Bunyi grok-grok yang fisiologis terjadi pada bayi berusia di bawah satu tahun. Sedangkan jika bunyi grok-grok patologis perlu dikonsultasikan ke dokter, karena bisa terjadi akibat alergi susu, batuk-pilek, alergi dingin, dan sebagainya. Pada kondisi ini, napas bayi juga terdengar tidak normal.

Jika Mums dan Paps khawatir dan belum yakin akan kondisi bayi, Mums dan Paps dapat berkonsultasi ke dokter atau bidan terdekat.

  • Pijat bayi agar mudah tidur

Pijat juga bisa dilakukan untuk membantu bayi menjadi mudah tidur. Sebelum tidur, Mums dan Paps dapat memijat area punggung dengan usapan lembut. Kemudian, pijatan dilakukan pada area kakai dari pangkal paha ke arah bawah. Selanjutnya, pijat dilakukan pada telapak kaki dan area dada.

Kesimpulan

Pijat bayi memiliki segudang manfaat, tak hanya untuk bayi, namun juga bagi ornagtua. Dengan pijat bayi, terbentuk ikatan atau bonding antara Mums dan Paps dengan Si Kecil. Bahkan,pijat bayi juga mamppu menubuhkan ikatan antara orangtua angkat dengan bayinya serta ibu yang kehilangan bonding dengan anaknya.

Manfaat-manfaat tersebut tentunya tak bisa diperoleh secara instan. Pijat bayi perlu dilakukan secara terkontrol dan berkesinambungan. Berbagai teknik pijat sederhana bisa dilakukan di rumah tanpa harus membawa bayi ke tempat pijat.

Kendati demikian, ada beberapa kondisi tertentu yang membuat pijat harus dilakukan dengan ahlinya. Pada artikel ini, Mums dan Paps dapat langsung mempraktikkan pijat sehari-hari pada bayi untuk membuat Si Kecil nyaman dan merasa aman seta terlindungi dari dunia luar.

 

Sumber:

  • Health, Alan and Bainbridge, N. Baby Massage (revised editon). DK Publsihing. London (2004).
  • Kadim, Muxal dan Endyarni, B (2011). Manfaat Terapi Pijat Konstipasi Kronis Anak. Sari Pediatri Vol. 12 No. 5.
  • Kellet, Jo. The Little Book of Baby Massage Use the Power of Touch to Calm Your Baby. DK Publishing. New York (2020).
  • Prodi DIII  Kebidanan Akademi Kebidanan Griya Husada Surabaya. Modul Pijat Bayi. Srabaya (2013).
  • Roesli, Utami. Pedoman Pijat Bayi (edisi revisi). PT. Trubus Agriwidya. Jakarta (2001).
  • Vimala, Schneider McClure. Infant Massage A Handbook for Loving Parents (fourth edition). Bantam Books. New York (2017).
  • Balai Pelatihan Kesehatan Semarang Kementerian Kesehatan RI. Pijat Bayi untuk Mencegah dan Mengatasi Sembelit. https://web.bapelkessemarang.id/artikel/pijat-bayi-untuk-mencegah-dan-mengatasi-sembelit/ (diakses 10 September 2022).

 

@ 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia
© 2021 Doodle | Terdaftar pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.
                                                           Privacy Policy     Syarat dan Ketentuan  Cookie