Intip Teknik Menggambar untuk Anak Usia Dini Yuk Moms!!

teknik menggambar untuk anak usia dini

Anak yang mulai masuk pendidikan anak usia dini itu berarti sudah berkembang kemampuan kognitifnya. Anak di usia ini, mereka cenderung aktif dan mengeksplor kemampuan dirinya sendiri. Ini dilakukan anak dengan cara lebih aktif bertanya tentang segala hal yang ia lihat, bermain dengan teman kelompoknya dan sudah mulai suka bereksperimen. Untuk membantu anak beraktivitas dan meluapkan rasa keingintahuannya, maka sekarang ini ada sekolah PAUD yang digunakan sebagai sekolah pertama anak dalam mengembangkan kemampuannya.

Di pendidikan anak usia dini anak di didik untuk mengembangkan kemampuan motorik, kognitif dan sosialnya. Salah satu kemampuan motorik bisa dilakukan dengan mengajari anak menggambar. Ini juga bisa meningkatkan kreativitas anak dan kemampuan otak kanan anak.

Nah, sebagai moms yang cerdas, jangan hanya mengandalkan pendidikan di PAUD saja. Moms juga perlu untuk mengulangi pendidikan yang diajarkan di sekolah untuk diaplikasikan di rumah, termasuk dalam hal menggambar. Ini artinya moms harus menjadi guru yang serba bisa untuk anak. dalam hal menggambar, moms bisa mengajarinya dengan teknik menggambar untuk anak usia dini. Tapi moms, jangan asal aja mengajari anak menggambar tanpa mengetahui tekniknya dengan benar. Sebenarnya tidak masalah, tapi ini akan berdampak ketika nanti dia sudah beranjak dewasa dan mempunyai hobi menggambar, dia akan terus menerapkan teknik menggambar dari moms. untuk itu, perhatikan teknik menggambar yang benar, lalu bagaimana teknik menggambar untuk anak usia dini yang benar?

Berikut kami berikan beberapa teknik menggambar untuk anak usia dini yang benar.

Anak usia dini memang masih terbatas kemampuannya sehingga teknik menggambanya pun juga masih sederhana seperti garis dan bentuk.

  1. Membuat garis horisontal dan vertikal

Ini adalah teknik dasar yang perlu diajarkan pada anak usia dini. Sesuai dengan perkembangan usianya, anak usia dini perlu diperkenalkan bentuk-bentuk garis. Bagaimana cara mengajari anak membuat garis horisontal dan vertikal yang menarik?

Caranya: siapkan ketras gambar dan bolpoin berwarna. Mulailah menggaris secara horisontal dengan membubuhkan keterangan dibawahnya, begitu juga dengan garis vertikal. Mintalah anak untuk meniru gambar garis di bawahnya dengan bolpoin yang berbeda warna.

  1. Membuat garis miring dan lengkung

Sama seperti garis horisontal dan vertikal, ajarkan juga garis miring pada anak. Moms bisa mengajarkannya dengan menggunakan penggaris.

  1. Menggambar bentuk kotak

Jika anak sudah menguasai teknik menggambar macam-macam garis, mulailah beralih mengajari anak menggambar bentuk. Pertama ajarkan anak menggambar bentuk kotak. Ajarkan pelan-pelan pada anak agar anak lebih mudah dan cepat mengerti. Awalnya gambar garis horizontal dibagian bawah dan atas, setelah diikuti tambahkan garis vertikal di samping kanan kiri dengan ujung yang menempel.

  1. Menggambar bentuk segitiga

Dengan teknik yang sama ketika menggambar kotak, ajarkan anak menggambar segitiga. Beri juga penjelasan kenapa dinamakan dengan segitiga.

  1. Menggambar bentuk lingkaran

Jika menggambar garis lengkung sudah dikuasai, moms bisa meningkatkan untuk membuat lingkaran. Teknik yang bisa dipakai adalah dengan menggabungkan dua garis lengkung menghadap ke atas dan kebawah. Memang belum sempurna tapi moms bisa memperbaikinya seiring tumbuhnya usia. Perlu moms ketahui bahwa menggambar lingkaran atau garis lengkung mampu meningkatkan daya kontrol anak dengan imajinasi anak.

Demikian beberapa teknik menggambar untuk anak usia dini. ingat moms, dalam mendidik anak yang sangat dibutuhkan adalah kesabaran dan ketelatenan karena memang karakter setiap anak berbeda-beda dalam memahami apa yang kita ajarkan. Moms hanya perlu menunggu proses perkembangan anak dan melihatnya kelak saat ia menjadi kebanggaan keluarga. Semoga membantu moms.