Ingin Anak Tumbuh Cerdas, Pintar, dan Sehat ? Ucapkan Ini Setiap Hari Moms

Ingin Anak Tumbuh Cerdas, Pintar, dan Sehat ? Ucapkan Ini Setiap Hari Moms

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh dengan sehat, cerdas, dan pintar, oleh karenanya sejak dini mungkin usahakan orang tua mengajarkan, mendidik, atau memberikan ucapan yang wajib didengar oleh sang anak.

Jangan marahin, jangan bentak, atau bahkan memukul si anak jika melakukan sebuah kesalahan, cukup beritahu saja jika apa yang ia lakukan salah.

Bagi orang tua yang penasaran, ucapan apa saja sih yang wajib di dengar oleh si anak setiap hari agar menjadi cerdas, pintar, dan juga sehat ? Berikut ini akan saya berikan kepada semua orang tua di dunia ini beberapa ucapannya.

9 Ucapan Yang Wajib Orang Tua Lakukan Agar Si Anak Lebih Pandai

1. Izinkan anak untuk memiliki rasa peka terhadap dirinya sendiri, sebagai contoh:

Udah pulang ? Mandi dulu terus kerjakan PR. Ucapan ini salah dan harus diganti dengan,

Udah pulang ? Gimana perasaanmu hari ini ?

2. Akui dan ajarkan anak untuk bisa mengekspresikan emosinya, sebagai contoh:

Berhenti nangis sekarang juga! Salah sendiri kamu rusak mainanmu sendiri! Ganti ucapan ini dengan,

Tidak apa-apa. Mainanmu rusak karena jatuh, nanti mama belikan yang baru.

3. Berikan kasih sayang yang lebih jika si anak ingin berkembang lebih baik, contohnya:

……, jangan terlalu sibuk dengan gadget, televisi, atau apapun itu yang membuat moms cuek, ganti dengan,

Mama sayang banget sama kamu nak!

4. Stop meralat keslahan, dan berikan pujian atas apa yang telah si anak berhasil lakukan, sebagai contoh:

Tuh, tumpah semua. Sini mama aja yang suapin kamu! Ucapan ini akan menyakitkan bagi si anak, ganti dengan,

Wah, kakak hebat ya sudah bisa makan sendiri.

5. Ubahlah kalimat negatif menjadi positif, sebagai contoh:

Cepet dong! Kalau gak cepet mama tinggal. Kalimat ini harus orang tua ganti dengan,

Kakak bisa kan lari secepat harimau ?

6. Berhenti membandingkan anak, contohnya:

Teman-temanmu aja nilainya baik tapi nilaimu jelek! Ucapan ini akan membuat si anak sakit hati, ganti dengan,

Hasilnya udah lebih baik dari minggu lalu kak, usaha lagi untuk minggu depan ya.

7. Ajarkan si anak untuk memiliki sifat pantang menyerah, seperti:

Daritadi naik sepeda jatuh terus. Ganti ucapan dengan,

Mama percaya, kakak pasti bisa. Ayo coba lagi pelan-pelan.

8. Jangan ancam anak, gantilah dengan semangat. Contohnya:

Kalau kamu begini terus, kakak gak dapat jatah kue. Gantilah dengan,

Tidak apa-apa, nak, ayo bereskan bersama.

9. Dengarkan setiap anak memberikan sebuah pendapat dan keputusan.

Mama tuh tahu apa yang terbaik buat kamu. Ini seperti sebuah kekangan, ubah kalimat kekangan ini menjadi,

Hari ini kamu makan apa, kak ?

Nah, itu 9 ucapan yang harus diucapkan orang tua agar anak menjadi pintar, cerdas, dan tumbuh menjadi anak yang berguna. Semoga artikel ini bisa membantu ya, moms.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Doodle

Follow Our Social Media

Copyright © 2021 Doodle. Semua hak cipta dilindungi

Ketentuan Pengguna

Kebijakan Privasi

Copyright © 2018 Doodle. Semua hak cipta dilindungi