Cara Tepat Merawat Gigi Bayi

Gigi merupakan alat pembantu dalam proses mencerna makanan. Gigi merupakan langkah awal makanan terproses menjadi lebih lembut yang nantinya akan di proses oleh sistem pencernaan kita. Dengan gigi, kita kunyah, gigit potong, robek makanan yang masuk dalam mulut. Semua makhluk hidup tentunya punya gigi tak terkecuali bayi. Gigi bayi biasa kita sebut dengan gigi susu.

Tiap bayi mengalami pertumbuhan gigi susu di usia yang berbeda-beda, akan tetapi rata-rata akan tumbuh pertama kali di usia 6 bulan dan pertumbuhannya akan terus berjalan sampai usianya 1 tahun. Jumlah gigi susu pada bayi jika sudah lengkap adalah 20 buah dengan rincian empat gigi seri depan, empat gigi seri samping, empat gigi taring dan delapan gigi geraham. Gigi susu sifatnya sementara jadi akan copot atau tanggal di usianya yang sudah kanak-kanak. Sama seperti pertumbuhannya, tanggalnya gigi susu pada masing-masing bayi akan berbeda.

Lalu perlukah gigi susu dirawat? Sangat perlu, sama halnya dengan gigi tetap pada orang dewasa, gigi susu pada bayi juga butuh perawatan. Gigi susu yang berfungsi sebagai penguyah makanan jika ini dibiarkan lalu bagaimana cara bayi mengunyah nantinya dan belajar tentang proses pencernaan makan? Ketika pertama kali bayi tumbuh gigi susu akan merasakan sakit pada tubuhnya seperti demam, diare, gatal dan nyeri pada gigi. Sama seperti itu, ketika gigi susu tidak dilakukan perawatan sehingga rusak dan aus, ini akan berdampak pula pada kesehatan anak. bisa saja bakteri pada gigi akan menyebar ke jaringan lain yang menyebabkan masalah pada kesehatan tubuh. Tubuh itu berkesinambungan ya moms jadi satu bagian sakit akan dirasakan oleh yang lain juga.

Selain berfungsi untuk menguyah makanan, gigi susu juga memiliki peran dalam menyiapkan tempat bagi gigi permanen yang akan tumbuh nantinya. Gigi susu juga digunakan sebagai acuan arah gigi tetap tumbuh dan menggantikan posisi gigi susu sehingga gigi tetap tumbuh rapi. Merawat gigi susu merupakan salah satu cara agar gigi susu bisa tanggal tepat waktu begitupun dengan gigi tetap tumbuh tepat waktu. Nah inilah pentingnya kenapa gigi susu perlu untuk dirawat.

Lalu bagaimana cara merawat gigi bayi? berikut ini kami berikan cara merawat gigi bayi yang tepat, simak ya moms

  1. Perhatikan tentang peralatan pembersihan gigi bayi

Sebelum mengajarkan bayi kita tentang kebersihan gigi, sebaiknya moms perlu memperhatikan terlebih dahulu alat-alat yang digunakan seperti sikat gigi, pasta gigi bayi. seperti yang kita ketahui, sikat gigi tidak boleh dipakai bersama karena kuman dari mulut seseorang bisa saja menular melalui sikat yang digunakan. Agar moms tidak bingung, perhatikan beberapa hal berikut ini dalam memilih pasta dan sikat gigi bayi moms:

  • Cara memilih pasta gigi bayi

Memilih menggunakan pasta gigi beraroma atau berasa buat bayi sepertinya bukanlah pilihan yang tepat, selain nantinya bayi mengira itu adalah makanan dan sering ditelan, ini juga akan mengakibatkan diare pada bayi jika pasta gigi yang tertelan dalam jumlah yang banyak. Sebaiknya mulailah membiasakan untuk menggunakan pasta gigi biasa, walaupun tidak disukai bayi, tapi tidak menimbulkan resiko kesehatan, selain itu ini juga membiasakan bayi dengan pemikiran bahwa pasta gigi berwarna putih dan tidak berasa.

Pilihlah pasta gigi dengan kandungan flouride yang rendah yaitu 25 mg. Gunakan hanya ¾ bagian sikat saja untuk menggosok gigi bayi. Jangan penuhi layaknya orang dewasa.

  • Cara memilih sikat gigi bayi

Jika gigi baru tumbuh, moms bisa menggunakan tangan yang dibungkus kain dengan ditambahkan pasta gigi diatasnya, tapi usia bayi sudah lebih dari 7 bulan moms bisa memilih menggunakan sikat gigi. Pilihkan sikat gigi dengan bulu sikat paling lembut dan kepala sikat kecil. Lihatlah pada kolom informasi sasaran umur pada kemasan sikat gigi untuk membantu moms memilih sikat gigi bayi. Lakukan perawatan dengan sikat gigi ini secara rutin 2 kali sehari layaknya orang dewasa. Jika sikat gigi sudah mulai melebar, sebaiknya ganti dengan sikat yang baru.

  1. Cara menyikat gigi yang benar

Jangan asal menyikat gigi bayi ya moms! cobalah biasakan menyikat gigi dengan benar ini akan membantu anak nantinya menyesuaikan dengan apa yang moms ajarkan pada bayi. langkah awal, berikan pasta gigi ¾ bagian saja dari sikat gigi bayi. mulailah buka mulut bayi dan menyikat gigi bayi dari bagian depan dulu dengan gerakan arah memutar, setelah itu coba raba bagian dalam sebelah kanan lalu sikat gigi bayi, jika sudah lanjut ke bagian kiri. Terakhir bersihkan busa dengan air bersih. Pada awal tumbuhnya gigi, moms perlu membantu bayi menyikat giginya tapi jika sudah cukup umur untuk mengajarkannya, maka ajari anak untuk menyikat giginya sendiri.

  1. Mengurangi cemilan manis untuk bayi

Salah satu cara merawat gigi bayi adalah dengan membatasi konsumsi makanan yang membuat gigi bayi rusak, yaitu makanan manis seperti gula. Usahakan membuatkan MPASI bagi bayi yang terlalu manis. Makanan yang banyak mengandung gula dapat menghancurkan mineral pada permukaan gigi sehingga gigi bayi cepat keropos. Untuk itu, setelah bayi mengkonsumsi makanan manis, berikanlah dia minum sebagai penetral rasa manis yang tertinggal di mulut.

  1. Berikan makanan yang mendukung pertumbuhan gigi bayi

Selain dengan perawatan dari luar, cara merawat gigi bayi bisa disuply dari dalam. Bagaimana? gantilah makanan bayi dengan makanan yang sarat akan gizi sebagai penjunjang pertumbuhan gigi. Banyak sekali bahan makanan pendukung pertumbuhan gizi yang bisa moms olah menjadi makanan lezat kesukaan bayi. Pilihlah bahan makanan yang banyak mengandung mineral seperti zat besi, kalsium, dan juga vitamin. Kandungan ini sangat baik untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Moms bisa memberikan makanan seperti susu, keju, brokoli, kangkung, bayam, apel, stroberi dan kacang-kacangan.

  1. Periksa gigi secara teratur ke dokter gigi

Jika bayi mulai tumbuh gigi, segeralah membawa bayi untuk periksa gigi. Disana dokter akan memberikan arahan yang baik dalam menjaga dan merawat gigi bayi. lakukan kunjungan rutin dengan dokter gigi untuk pengecekan berkala gigi bayi selama 6 bulan sekali. Baik itu dimulai dari pengecekan kesehatan gigi menyeluruh dan pembersihan karang gigi .

Merawat gigi bayi sejak dini adalah hal penting untuk dilakukan. Ini sebagai langkah untuk membiasakan bayi merawat giginya sehingga kelak dewasa dia tidak lupa bahwa kesehatan gigi merupakan hal penting. Moms tidak mau kan, jika kelak bayi sudah dewasa giginya sudah ompong? Ingat moms, kesehatan dan kebersihan gigi bisa menjadi tolok ukur pertama pandangan orang terhadap diri kita. Jadi yuk moms, ajak bayi kita untuk merawat gigi sejak dini. Semoga bermanfaat.