Cara Merawat Bayi Laki-laki

CARA MERAWAT BAYI LAKI

Memiliki bayi tentu menjadi kebahagiaan bagi setiap orang tua. Bayi, baik perempuan maupun laki-laki seharusnya tidaklah dibedakan. Orang tua sudah seharusnya memberikan kasih sayang yang sama kepada anak-anaknya. Namun, merawat bayi laki-laki dan bayi perempuan memerlukan cara yang sedikit berbeda. Menerapkan cara merawat bayi laki-laki dengan benar akan membuat bayi tumbuh menjadi anak laki-laki yang sehat, tangguh, dan kuat. Berikut ini beberapa cara yang dapat diterapkan orang tua untuk merawat bayi laki-laki:

  1. Membersihkan Organ Intim Bayi dengan Baik dan Benar. Organ intim bayi harus menjadi perhatian penting saat orang tua merawat bayi laki-laki. Saat memandikan atau membersihkan bayi setelah buang kotoran, orang tua harus membersihkan organ intim bayi dengan baik. Jangan menarik kulit luar penis bayi terlalu keras. Bayi laki-laki memiliki kulit luar penis yang sangat kencang. Menarik kulit tersebut dengan kuat akan membuat bayi mengalami kesakitan. Saat membersihkannya dari kotoran, gunakan kapas basah atau air mengalir yang membasari seluruh area tersebut. Kemudian keringkan bagian ini dengan menggunakan handuk kering. Saat bayi laki-laki sudah beranjak balita, kulit bagian luar dari penis akan lebih kendor sehingga dapat ditarik dan dibersihkan dengan mudah tanpa perlu dipaksa.
  2. Memeriksa Kelainan Bagian Genital Bayi. Saat membersihkan organ genital bayi, perhatikanlah dengan bayi organ-organ tersebut. Apakah organ genital bayi laki-laki tersebut normal atau tidak? Beberapa bayi mengalami kelainan organ genital yang memang dibawa sejak ia lahir. Jika menemui kelainan pada penis atau testis bayi seperti mikropenis, yaitu kelainan ukuran penis yang sangat kecil (kurang dari ukuran normal yaitu 2 cm), maka segeralah untuk membawa bayi tersebut ke dokter untuk diperiksa. Kelainan lainnya yang juga dapat ditemukan pada bayi laki-laki adalah hipospodia, yaitu lubang kencing yang tidak berada di ujung penis, namun di bagian yang lebih bawah atau lebih pendek.
  3. Berikan Bayi Mainan Khusus Laki-Laki. Cara merawat bayi laki-laki yang benar adalah dengan memberikan mainan khusus laki-laki kepada bayi laki-laki. Memberikan mainan laki-laki, seperti robot atau mobil-mobilan akan membantu bayi untuk menyadari gendernya. Bayi tentu belum dapat mengenali apakah ia perempuan atau laki-laki. Memberinya mainan anak laki-laki akan membuat bayi semakin lama semakin memahami bahwa ia adalah seorang anak laki-laki. Hindari untuk memberikan mainan anak perempuan pada bayi laki-laki. Hal ini akan menghindari sifat feminim berlebihan pada bayi laki-laki.
  4. Libatkan Ayah dalam Proses Merawat Bayi. Last but not least, melibatkan ayah dalam proses merawat bayi juga cara merawat bayi laki-laki yang tepat. Ayah yang merupakan laki-laki pertama dalam hidup bayi dapat mengajari bayi menjadi laki-laki yang tangguh. Ayah dapat membantu bayi untuk membentuk karakter ini dengan tepat. Usahakan ayah dapat memiliki waktu untuk merawat dan bermain dengan bayi setiap harinya. Dengan begini, ikatan yang kuat antara ayah dan bayi laki-laki akan semakin kuat.

Itulah beberapa cara merawat bayi laki-laki yang dapat diterapkan oleh setiap orang tua. Merawat bayi dengan cara yang benar akan membuat bayi tumbuh dan berkembang seperti seharusnya. Ibu dan ayah dapat mempelajari cara merawat bayi tersebut jauh sebelum bayi lahir. Orang tua akan menjadi yang paling sering berinteraksi dengan sang bayi. Oleh karena itu, pengetahuan merawat bayi haruslah didapatkan dan dapat diterapkan dengan benar.