CARA MERAWAT BAYI PEREMPUAN

Cara Merawat Bayi Perempuan

Bayi yang baru dilahirkan memerlukan perawatan yang baik dan benar agar dapat tumbuh menjadi anak yang sehat dan kuat. Bayi laki-laki atau perempuan umumnya memiliki cara perawatan yang hampir sama. Akan tetapi, agar anak perempuan dapat tumbuh menjadi anak yang feminim tentu membutuhkan cara perawatan yang sedikit berbeda dari bayi laki-laki. Bagaimana merawat anak perempuan yang seharusnya? Berikut adalah cara merawat bayi perempuan yang baik dan benar:

  1. Merawat organ intim dengan benar. Salah satu hal yang harus menjadi perhatian ibu adalah untuk tidak memberikan bedak pada organ intim bayi perempuan. Pemberian bedak merupakan salah satu hal yang dianjurkan pada bayi. Bedak biasanya diberikan setelah bayi mandi atau saat bayi mengalami gejala kelainan pada kulit, misalnya gatal-gatal. Bedak dapat membantu menghaluskan kulit bayi, membuatnya menjadi harum, dan beberapa bedan memiliki kandungan yang mampu membantu menyembuhkan iritasi pada kulit bayi.Namun, pemberian bedak pada bayi tidak dapat dilakukan di seluruh bagian tubuh. Ada beberapa tempat yang seharusnya tidak diberikan bedak, yaitu bagian organ intim bayi perempuan. Bahan kimia yang terdapat di dalam bedak dapat masuk ke organ reproduksi bayi sehingga bisa menjadi hal yang sangat membahayakan. Jika hal ini terus dilakukan maka dampaknya dapat berlanjut hingga bayi beranjak dewasa. Jika bedak yang diberikan di sekitar organ intim bayi masuk ke sistem urinnya, maka hal ini dapat beresiko mengakibatkan infeksi pada saluran kemih bayi.

    Hal berikutnya yang juga harus menjadi perhatian adalah untuk membersihkan organ intim dengan benar setelah menggunakan popok. Jika tidak dibersihkan dengan benar, hal ini dapat menimbulkan iritasi dan bayi perempuan juga dapat mengalami keputihan. Gantilah popok ketika sudah berisikan kotoran atau sudah basah. Jangan terlalu lama membiarkan organ intim bayi kamu basah dan lembab. Hal ini menjadi sarang kuman dan jamur untuk berkembang biak.

  2. Memotong kuku bayi secara teratur. Orang tua yang merawat bayi perempuan juga harus memperhatikan kuku bayi secara berkala. Jangan membiarkan kuku bayi tumbuh terlalu panjang dalam waktu yang lama. Kuku yang panjang rentan untuk menyimpan kotoran. Kotoran ini dapat menjadi sarang kuman, bakteri, dan jamur yang dapat membuat bagian ujung tangan mengalami infeksi.Bayi yang suka memasukan tangan ke dalam mulut juga akan mengalami infeksi karena kotoran tersebut. Bayi dapat mengalami beberapa masalah pencernaan seperti diare dan cacingan. Selain itu, kuku yang panjang akan membuat bagian tubuh bayi mudah terluka terutama bagian wajah karena bayi yang menggarukkan kukunya ke bagian tersebut. Membiasakan bayi perempuan untuk menjaga kebersihan kuku juga akan mengajarkan kebiasaan baik tersebut hingga bayi beranjak dewasa.
  3. Merawat rambut agar selalu sehat. Sudah menjadi pengetahuan umum di masyarakat kalau rambut adalah mahkota bagi perempuan. Merawat rambut bayi dengan benar merupakan salah satu yang harus dimasukan dalam daftar cara merawat bayi perempuan. Rambut yang sehat, tebal, dan kuat akan membuat bayi membuat bayi terlihat semakin cantik.Menjaga rambut sejak bayi kecil juga akan membuatnya tetap sehat sampai bayi menjadi dewasa. Merawat rambut dapat dilakukan dengan rutin mencuci dan memberikan shampo rambut yang khusus untuk bayi perempuan. Jangan lupa untuk memberikan pelembab rambut khusus bagi bayi. Ibu dapat mencari produk dari merek terpercaya agar kesehatan rambut semakin optimal.